Pages

Laporan Praktikum 'Animasi 2D'

Posted by at 06.05
PRAKTIKUM I

DASAR TEORI

  • Dalam Sejarah yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
    Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.
  • Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu.
  • Animasi 2 Dimensi yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Memang, film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski yang populer kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun. Contoh lainnya adalah Felix The Cat, si kucing hitam. Umur si kucing itu sudah lumayan tua, dia diciptakan oleh Otto Messmer pada tahun 1919. Namun sayang, karena distribusi yang kurang baik, jadi kita sukar untuk menemukan film-filmnya. Bandingkan dengan Walt Disney yang sampai sekarang masih ada misalnya Snow White and The Seven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940).
  • Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D.Perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata.

MEMBUAT ANIMASI BOUNCING BALL PADA SOFTWARE PENCIL 2D

- Buka software Pencil 2D
- Pastikan tools yang digunakan pada 'Pencil Tool'
- Mulai gambar lingkaran/bola mulai dari atas
- Letakkan layer pada Timeline di posisi 2
- Mulai gambar lingkaran/bola dibawah bola yang pertama di gambar dan seterusnya
- Jika gambar lingkaran/bola sudah sampai bawah maka,
- Copy/duplicate layer mulai dari posisi terbesar sampai layer 1 (pertama)
- Klik tombol duplicate layer untuk mengcopy layer
- Untuk menjalankan, klik tombol play di posisi sebelah kanan
- Untuk export, klik Export File > FlashSWF > Ok.


SUMBER
http://sifaramdan.wordpress.com/2012/11/29/pengertian-animasi-2-dimensi-dan-3-dimensi/
http://id.wikipedia.org/wiki/Animasi
http://hamidahnhidayati.blogspot.com/2014/09/cara-membuat-bouncing-ball-dengan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© bchtr.dz is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template