Posted by Bachtiar Dzulfikar at 00.51
PRAKTIKUM I - Navigasi Dalam Blender
Tujuan
Mengenal navigasi dalam blender. Mahasiswa diharapkan mampu memanipulasi tampilan objek 3D pada aplikasi Blender.
Alat
Blender versi 2.72
Bahan
Mike Pans's BMW
Dasar Teori Navigasi dalam Blender
Sebelum melakukan produksi menggunakan sebuah software, perlu diketahui beberapa perintah-perintah dasar to ‘get around inside the software’. perlu diketahui perintah-perintah dasar sekitar melihat-lihat objek 3d.
Beberapa perintah yang terkait navigasi
– Orbit
– Pan
– Zoom
– Zoom to object
– Camera Perspective
– Orbit
– Pan
– Zoom
– Zoom to object
– Camera Perspective
Secara umum, terdapat lebih dari satu cara untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang disebutkan di atas.
minimal ada pendekatan keyboard (keyboard shortcut) dan pendekatan mouse. Pendekatan mouse sendiri dibagi menjadi mouse dengan klik tengah dan mouse tanpa klik tengah.
minimal ada pendekatan keyboard (keyboard shortcut) dan pendekatan mouse. Pendekatan mouse sendiri dibagi menjadi mouse dengan klik tengah dan mouse tanpa klik tengah.
Petunjuk Praktikum
- Download fole 'Mike Pans's BMW'
- Buka Aplikasi Blender
- Pilih File -> Open pada pjok kiri atas
- Pada tampilan Explorer pilih file 'Mike Pans's BMW' yang sudah di di download sebelumnya
- Pastikan tampilan seperti pada gambar
Hasil Praktikum
1. Mengganti viewport dari kamera perpektif ke user perpektif
2. Melakukan zoom in dan zoom out
3. Melakukan pan left dan pan right
4. Melakukan orbit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar